BELAJAR MERDEKA DITENGAH PANDEMI
Oleh: Nurefia

Lirik lagu…..

Tujuh belas agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka    Nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Mer….De….Ka….


Di atas adalah cuplikan lagu nasioanal Negara kita. Lagu yang menjelaskan bahwa Indonesia telah merdeka dihari itu. Yang telah dijajah oleh Negara lain. Yang telah diporak-porandakan dengan kekuatan persenjataan mereka. Yang telah banyak menumpahkan darah rakyat tidak berdosa dan pahlawan. Dan ditanggal 17 Agustus 1945 tercapailah cita-cita dan usaha perjuangan pahlawan, dan kini umur Indonesia telah mencapai 75 tahun. Yang kini hampir berhasil menandingi negara maju lainnya dalam berbagai bidang.

Namun, semua itu tidak berjalan dengan mulusnya. Adakala, Negara Indonesia terjatuh, dan Indonesia dengan mudahnya dapat Kembali bangkit dengan hebatnya. Dan sekarang Indonesia terjatuh. Kita semua tahu, tidak hanya Indonesia saja yang terjatuh melainkan Negara tetangga-pun sama. Semua terjatuh karena sebuah virus kecil yang sama sekali tidak kelihatan bentuknya jika dilihat dari mata biasa.

Sudah diketahui dan tidak bisa disangkal lagi jika Indonesia sedang mengalami penurunan. Namun apakah kita para siswa akan diam saja dan menyaksikan nanti jika Indonesia sewaktu-waktu akan runtuh. Saya pribadi tentu tidak mau itu benar-benar terjadi!! Tidak pernah terpkirkan bahkan terbayangkan oleh saya jika seandainya Indonesia akan benar-benar runtuh. Saya yakin, Indonesia akan Kembali sembuh dan akan menjadi negara kebanggaan untuk saya.

Dan kini saya dan tentunya kalian para siswa harus mulai beradaptasi. Harus bisa menyesuaikan diri. Kita harus bisa belajar dari hal yang paling kecil. Kita mulai dari mencuci tangan, dan memakai masker. Tidak peduli, kalian sedang apa dan, intinya tetaplah cuci tanganmu. Dan entah kalian ada dimana dan ditempat apa, intinya jaga jarak dan pakai masker. Kita semua ingin sekali Indonesia itu cepat Kembali sembuh. Namun, sekarang dihari ulang tahunnya Indonesia belum juga sembuh. Bayangkan saja kawan, hari ini ditanggal 18 Agustus 2020 pasien positif bertambah 1.673 yang artinya pasien covid menjadi 143.043 orang. Untuk yang sembuh juga bertambah 1.843 dan menjadi kabar dukanya yang meninggal ada 70 orang.

Anda menginginkan Indonesia benar-benar merdeka, bukan? Ayolah kawan, kita belajar Merdeka disaat-saat Pandemi seperti ini. Kita tingkatkan kesadaran kita tentang pentingnya peraturan itu. Itu bukan hanya untuk Negara kita saja kawan, tapi itu untukmu juga. Kita ubah kebiasaan buruk kita secara bersamaan, kita semua harus tanamkan dalam diri kita jika kita mampu. Perlahan namun pasti.

Pikirkan tenaga medis, pemerintah, para menteri, mereka semua juga bekerja dan berpikir bagaimana caranya untuk bisa Kembali normal layaknya seperti dulu. Mereka juga bekerja menantang maut mereka walupun mereka suka atau tidak suka tapi yang pasti mereka tidak pernah suka akan hal ini. Namun kewajiban akan mengabdi pada negara tidak pernah akan mereka lupa.

Pesan dari yang saya jabarkan tadi adalah:

“Jadilah Pahlawan untukmu dan untuk orang lain. Tidak perlu engkau menumpahkan darahmu atau mengeluarkan hartamu, yang pasti jadilah masyarakat yang tidak egois dan selalu ikutilah peraturan yang memang ditetapkan oleh pemerintah. Jangan jadi penjahat yang kemana-mana tidak membawa masker atau berkumpul tanpa berjaga jarak. Karena jika kamu melakukan seperti itu, kamu tidak lebih sama daripada para koruptor yang memakan uang rakyat yang biasa disebut dengan Sampah Rakyat.”


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama